Infografis Reog Ponorogo


Salah satu tugas Ujian Tengah Semester pada mata kuliah Komputer grafis semester tiga ini adalah membuat sebuah infografis. Tidak seperti tgas-tugas sebelumnya, pada tugas infografis ini saya mengerjakanya tidak sendiri, tapi dengan kawan saya Edwin Agus Prasetyo, sang master vector untuk urusan software coreldraw. Kami membuat ini cukup dengan menggunakan dua software desain yang umum di gunakan, yaitu corel dan photoshop. proses pengerjaan pada masing-masing software bisa di lihat pada gambar ini :


Pada langkah pertama kami mencari data, atau menyiapkan info yang akan di sajikan. kemudian kami membuat bentuk vector bahan-bahan yang akan kami infokan dengan menggunakan Corel, termasuk gambar alat musik, peta ponorogo, tarian pengiring dan juga gambar reog sendiri. setelah vector selesai barulah kami mengolah vector tersebut pada software photoshop. Tujuanya adalah untuk membuat detail-detail yang tidak bisa di buat pada corel. dan inilah hasilnya Infografis kami yang judulnya "Reog Ponorogo"


Nah sekarang bagi yang penasarn, belum tau sosok Edwin Agus, kenalan aja sama orangnya. ni kasih link facebooknya,. klik aja https://www.facebook.com/edwin.a.prasetyo.1?ref=ts&fref=ts

7 comments

Unknown | 1 March 2014 at 15:10

Halo

Infografis tentang Reog Ponorogonya bagus sekali. Kalau bisa, dibuatkan juga versi bahasa Inggrisnya agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Hanya saja, saya heran kenapa pada bagian jatilan hanya dituliskan wanita sebagai pemainnya? Padahal, jatilan pada Reog Ponorogo yang asli diperankan oleh anak muda laki-laki yang dikenal sebagai gemblak, yang secara tradisional 'dipelihara' oleh si warok. Kita tidak mungkin menghapus begitu saja peran gemblak dalam kesenian ini.

Referensi:
http://intersections.anu.edu.au/issue2/Warok.html

Unknown | 18 May 2014 at 08:52

Perkenalkan nama saya Grandis, saya orang asli Ponorogo yang sedang merantau di Yogyakarta.
Saya sangat suka karya anda, kebetulan saya sedang hobby dengan postcard, kalau boleh, bisakah saya mengambil gambar reog untuk di cetak sebagai postcard? Terimakasih.

Unknown | 6 June 2014 at 23:32

Halo, Hiereka Eric
Maaf baru bisa balas komentar kamu, maklum jarang online sekarang.
Sebelumnya terimakasih atas kritik dan saranmu yang luar biasa keren, aku sendiri baru tau kalo jatilan itu sebelumnya laki-laki, karena menurut info yang aku tau demikian. Akan aku jadikan pembelajaran untuk lebih mengolah informasi, sekali lagi terimakasih atas saranya yang sangat berguna.

Unknown | 6 June 2014 at 23:37

Halo, grandis
Ibu aku juga dari Ponorogo lho, tapi bedanya belum pernah ke yogyakarta hehehe
Oh, mau ambil gambar reog, silahkan. karya yang di publish di sini memang sengaja untuk konsumsi umum kok, asal jangan di salah gunakan ya. hehe

Timur Bawono | 17 September 2016 at 12:49

Malam, Mas Rio.
Saya ijin menggunakan infografis-nya untuk ditempel di warung pecel ponorogo keluarga kami di Jakarta ya, Mas. Infografis ini bagus sekali untuk memberi pengetahuan bagi pengunjung mengenai kesenian Reog Ponorogo. Sumber berupa nama mas Rio dan website-nya akan kami sebutkan.
Makasih dan sukses terus

Unknown | 13 August 2017 at 12:06

izin comot gambarnya buat contoh min

M. HASBI ZAHROWIL QOLBI | 17 March 2018 at 03:24

izin make karya ini bang. buat usaha warung ayam di ponorogo. :) makasih sebelumnya

Post a Comment