Digital Painting

Beberapa waktu lalu, Kami mendapat tugas Digital Painting dalam mata kuliah Komputer Grafis, dengan membuat karakter diri sendiri. Nah dan ini adalah hasilnya, Tidak terlalu bagus memang, tapi akan saya coba berbagi pengalaman saya dalam membuat ini,.


Pertama,. Tentu saja membuat sketsa, dalam pembuatan sketsa bisa dengan cara manual lalu di scan (seperti yang saya lalukan di sini) atau bisa langsung membuatnya secara digital langsung dengan software yang ada di komputermu. Dalam membuat sketsa di sini, yang perlu di perhatikan adalah bagian mata, dan rambutnya, ingat gambar ini nantinya akan kita coloring, jadi tidak perlu banyak arsiran, hanya tekankan di bagian garis-garis rambut untuk mengetahui arah jatuhnya rambut yang menentukan bagian gelap terangnya, juga garis-garis yang kecil namum berpengaruh seperti bulu mata, yang jika di buat dengan brush akan sulit untuk halus jadi sebelumnya perjelas di bagian ini. 


Kedua,. Kita masuk dalam tahap Coloring. Dalam tahap ini hanya perlu menggunakan Brush Tool. Buat Layer baru, Pilih warna yang sesua obyeki. Dalam pemilihan warna, pilih warna yang tidak terlalu gelap atau terlalu terang (tengah-tengah) agar untuk finishing peralihan gelap ke terangnya dapat terihat jelas. lalu blok warna sesuai letaknya, pilih multiply maka warna yang sebelumnya berada di layer baru akan seolah berada di bawah garis-garis sketsamu.


Yang terahir adalah tahap yang mudah namun juga sulit, karna untuk menimbulkan efek volume kita hanya perlu bermain dengan Dodge Tool, dan Burn Tool, namun harus berhati, karna ini berpengaruh jadi perhatikan betul arah datangnya cahaya dan bagian-bagian mana yang seharusnya gelap dan terang


sedikit hal yang bisa saya bagikan,. semoga bermanfaat,.
Jika ingin lebih jauh mengenal saya silahkan saja follow saya Di Sini 





Post a Comment